PENDAMPINGAN DAN PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM BUSANA COLLECTION DI DESA SUKAMEKAR, BEKASI UTARA

Penulis

  • Etty Zualiawati Zed Universitas Pelita Bangsa
  • Gita Rohalia Universitas Pelita Bangsa
  • Olivia Ardana Universitas Pelita Bangsa
  • Muhammad Akbar Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Pendampingan, Strategi Digital Marketing, UMKM

Abstrak

Penerapan Strategi Digital marketing bagi UMKM sangat berdampak positif dalam ruang lingkup kewirausahaan. Strategi pengembangan digital marketing adalah rencana untuk menggunakan saluran online untuk mencapai tujuan pemasaran, melakukan riset informasi dan menganalisa tren pasar dapat meningkatkan penjualan. Saat ini internet sangat membantu dalam mendukung perkembangan UMKM, karena internet dapat mengakses jaringan yang lebih luas umtuk mengembangkan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM di Cikarang Selatan dalam memanfaatkan potensi digital marketing. Melalui metode pelatihan dan pendampingan, diharapkan UMKM dapat mengembangkan strategi pemasaran digital yang efektif, meningkatkan fisibilitas merek, dan menjangkau pasar yang lebih luas. Jurnal ini dibuat dengan metode pelatihan dan konsultasi, UMKM dibimbing merancang strategi pemasaran digital yang sesuai dengan bisnis UMKM tersebut. Hasil penelitian ini UMKM mampu meningkatkan kompentensi digital, mengembangkan produk digital, dan memperluas jaringan bisnis.

The implementation of Digital marketing strategies for MSMEs has a very positive impact on the scope of entrepreneurship. A digital marketing development strategy is a plan to use online channels to achieve marketing goals, conduct information research and analyze market trends to increase sales. Currently, the internet is very helpful in supporting the development of MSMEs, because the internet can access a wider network to develop a business. This research aims to increase the capacity of MSMEs in South Cikarang in utilizing the potential of digital marketing. Through training and mentoring methods, it is hoped that MSMEs can develop effective digital marketing strategies, increase brand feasibility, and reach a wider market. This journal was created with training and consultation methods, MSMEs are guided to design a digital marketing strategy that is suitable for the MSME business. The results of this study are that MSMEs are able to increase digit competence, developing digital products, and expanding business networks.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29