PERANAN STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD PUTRA SAWO KECAMATAN SAWO

Penulis

  • Berkat Syukur Gea Universitas Nias
  • Idarni Harefa Universitas Nias

Kata Kunci:

Strategi, Promosi, Konsumen, Peranan

Abstrak

Persaingan dunia usaha dalam bidang produk dan jasa yang semakin ketat adalah memberikan nilai dan kepuasan bagi konsumen dengan adanya produk dan jasa yang semakin berkualitas. Pelaku usaha harus memiliki syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha yaitu harus mencapai keunggulan bersaing dalam menciptkan produk atau jasa yang diminati oleh konsumen. Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha atau pembisnis dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Strategi promosi yang diterapkan pada UD Putra Sawo merupakan hanya penjualan langsung, mouth to mouth, penjualan pribadi, dan hubungan masyarakat tidak dengan menggunakan periklanan dan media sosial lainnya. Dikarenakan kurangnya wawasan karyawan UD Putra Sawo dalam menerapkan strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan volume penjualan dalam perusahaan. Berhasil tidaknya dalam mencapai tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha dibidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peranan Strategi Promosi dalam meningkatkan penjualan pada UD Putraa Sawo Kecamatan Sawo. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode kualitatif. Kunci informasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada UD Putra Sawo Kecamatan Sawo sebanyak 5 orang dan keterwakilan dari pelangga sebanyak 5 orang sehingga jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi promosi yang efektif memiliki dampak yang signifikan dalam pertumbuhan dan keberhasilan usaha pada UD Putra Sawo Kecaamatan Sawo. Strategi promosi membantu mengidentifikasi target pelanggan yang potensial, dengan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan, perusahaan dapat menyesuaikan pesan dan taktik promosi yang dilakukan oleh UD Putra Sawo Kecamatan Sawo. Strategi promosi memungkinkan UD Putra Sawo untuk membangun hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan melalui komunikasi yang terus-menerus dan pelayanan pelanggan yang baik.

This study aims to analyze the influence of poverty, economic growth based on labor, and the Human Development Index (HDI) on community welfare in North Sumatra during the period 2020-2022. Community welfare is the main focus of this study, by describing how economic and social factors such as poverty, economic growth, and HDI interact with each other and affect the level of population welfare in the province. The data analysis methods used include secondary data collection, descriptive statistical analysis, and regression models to evaluate the relationship between these variables. The results of the study are expected to provide important insights to stakeholders and policy makers to improve community welfare in North Sumatra and identify areas where improvement efforts can be made. This study can make an important contribution in planning a more inclusive and sustainable economic and social development strategy for the region.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30